iklan banner

Dell mengeluarkan Laptop Mini yang Tangguh


Jakarta, CNN Indonesia -- Identik sebagai seri laptop premium, Dell secara resmi memboyong generasi terbaru XPS ke Indonesia. Kali ini, XPS 13 hadir dengan teknologi InfinityEdge 4K dengan bentang layar seluas 13 inci.
Sesuai dengan segmen yang dibidik, XPS 13 telah dibekail material Mars Rover untuk menghalau panas ketika digunakan. Insulasi Gore pada material diklaim mampu mengurangi panas meski disokong daya cukup besar.
Tak hanya itu, ruang pending juga diperbesar hingga 80 persen dari generasi sebelumnya.
"(Dari sisi ukuran), layar InfinityEdge jauh lebih kecil dibanding seri XPS sebelumnya. Teknologi insulasi Gore Thermal Insulation akan membuat laptop tidak panas saat dipakai lama, material yang sama juga dipakai untuk Rover di Mars," imbuh Consumer country director Tjipto Suparto disela peluncuran di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (30/5).
Dengan ukuran yang lebih kecil dari laptop 13 inci pada umumnya, Tjipto mengklaim daya tahan baterai XPS terbaru bertahan hingga 20 jam untuk layar Full HD dan 11 jam untuk layar Ultra HD.
Di sisi dapur pacu, laptop ini dibekali jeroan Intel quad-core generasi delapan dan RAM 16GB. Sementara memori penyimpanan disediakan SSD berkapasitasn 256 GB yang bisa diperluas hingga 1TB.
"Selain ukuran laptop lebih kecil dan ringan (bobot 1,29 kg), XPS 13 dua kali lebih tangguh dibandingkan generasi sebelumnya dan tertangguh di kelasnya," klaim Tjipto.
Dibanding pendahulunya yang mengusung konsep 2-in-1, XPS 13 justru bertransformasi seutuhnya dalam bentuk tablet. Engsel pada layar dipastikan tidak mampu bergerak hingga 360 derajat.
Kendati demikian dibandingkan dengan XPS 13 2-in-1 yang menggunakan resolusi QHD, XPS 13 telah menggunakan resolusi tertajam Ultra HD 4K. Selain itu terdapat peningkatan pada kontras dari 1000:1 menjadi 1500:1. 
Bingkai di bagian layar dibuat tipis layaknya ponsel 'kekinian' dengan rasio hingga 80 persen. Sekedar perbandingan, XPS sebelumnya memiliki bingkai hingga 5,2mm, sedangkan generasi terbaru dibekali bezel 4 mm. Dell menyebut bingkai tipis untuk membantu pengguna merasakan laptop dengan layar luas.
Fitur tak kalah penting kehadiran Dell Cinema yang memaksimalkan kualitas gambar dan suara. Fitur ini bisa mengatur tampilan HDR dengan detil, warna, dan tingkat kecerdasan mumpuni. Kendala buffering saat menonton video daring juga diklaim bisa dioptimalkan oleh laptop yang dibanderol mulai dari Rp23 juta. (evn)